ARTIKEL BUDAYA LAMPUNG KELAS XII

Guru        : Tri Handayani, S.Pd

Mapel      : Bahasa Lampung

Kelas        : XII 

Materi      : Artikel Budaya Lampung 

Tujuan Pembelajaran        : Diharapkan siswa dapat memahami materi Artikel Budaya


 

Assalamualaikum wr.wb

Tabik puuun..

Api kabakh anak-anakku seunyinni? Kekalau selalu lom keadaan sehat wal afiat jama dilindungi Allah swt. Semakkungni Miss haga ngingokko dang lupa selalu ngejaga ibadahni, baik ibadah sunnah apilagi sai wajib.

Nah anak-anak ku...

Di pertemuan kali sinji, kita akan membahas materi mengenai "Artikel Budaya". Silahkan simak materi berikut dengan seksama agar memahami materi yang diberikan dapat dipahami dengan baik.

ARTIKEL BUDAYA LAMPUNG

Artikel (article) memiliki makna karangan, fasal, anggaran dasar. Jadi apabila disimpulkan menjadi karangan atau tulisan yang berisi fasal-fasal (bagian dari bab) yang merupakan pedoman dasar dari sesuatu. Atau bisa diartikan pula sebagai karangan atau tulisan dalam hal ini tentang budaya, tentunya budaya yang dimaksud adalah budaya Lampung.

Budaya berasal dari kata buddayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) dapat dartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kita tidak lagi mengolah budaya sebagai mana pada injar yang telah lalu, yang kita pelajari adalah artikel atau karangan atau tulisan tentang budaya, dalam hal ini budaya Lampung. Berbicara tentang budaya Lampung tak jauh berbeda dengan adat budaya Lampung.  Ingat, kata adat dan kata budaya sering dirangkaikan menjadi satu, karena kedua kata itu memang kata bersinonim. Dalam mempelajari adat lampung anda dapat mengakses melalui media seperti internet atau sumber lain seperti perpustakaan dengan mencari buku-buku yang berkaitan dengan adat budaya Lampung. Hingga akhirnya anda dapat menyajikan infromasi lisan (diucapkan dalam bahasa Lampung) dan tulisan (artikel). 

Contoh artikel budaya Lampung yang bisa kita jumpai di internet

ARTIKEL MENGENAI NYERUIT

TARI SIGEGH PENGUNTEN

Untuk mengetahui informasi mengenai adat budaya Lampung yang bisa dituliskan dalam Artikel Budaya, kalian bisa membaca lebih lanjut pada buku kalian "Bahasa dan Aksara Lampung" halaman 20.

Teghima kasih, wassalamualaikum wr.wb

 


Komentar

Postingan Populer